23 November 2018 - News

Manfaat Sertifikat COSC untuk Mendongkrak Nilai Jam Tangan

Manfaat Sertifikat COSC untuk Mendongkrak Nilai Jam Tangan

Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres (COSC) merupakan salah satu jenis sertifikat yang sangat penting bagi industri jam tangan Swiss.

Sertifikat ini sudah adalah berbentuk seperti saat sejak 1973 silam, namun dasar penilaiannya telah ada jauh sebelum akhir 1800-an.

Saat ini, COSC berfungsi sebagai tes lakmus untuk memastikan presisi di seluruh industri jam tangan Swiss. Hal ini terus dipertahankan meski akurasi waktu telah banyak “direbut” peranan uji cobanya oleh teknologi berbasis digital.

COSC masih merupakan aspek berharga tentang bagaimana industri jam tangan Swiss melakukan bisnisnya dan, karena uji coba yang intens pada setiap gerak putarnya, sertifikat ini merupakan cara untuk menunjukkan kualitas jam tangan mekanik.

Hanya jam tangan dengan stempel “Swiss Made” yang dapat diserahkan untuk menjalani tes sertifikasi ini. Hal ini berarti ada tuntutan bahwa gerakan jam menggunakan standar mekanis khas Swiss, dirakit dan diuji coba di Swiss, serta setidaknya 60 persen produksi dilakukan di negara beribukota di Bern itu.

Alasan utama pengecualian untuk negara lain dalam pengesahan COSC sebagai karena lembaga ini bersifat nirlaba. Hal ini berarti, sertifikasi tersebut bantu memastikan prestise dan kaliber dari kedua industri jam Swiss secara keseluruhan.

Untuk memiliki jam tangan yang lulus sertifikasi ini, maka sistem gerak rotasi jam tangan harus dikirim ke salah satu laboratorium COSC, di mana nantinya akan melewati hal-hal berikut: menguji angka-angka yang terukir pada gerakan (dalam kaitannya dengan daftar yang disediakan oleh pemohon), gerakan ditempatkan di 5-slot gesper, gerakan diuji cobakan secara ekstrem sesuai dengan pedoman yang diberikan merek, dan bagian-bagian ditempatkan di bagian mesin mekanisnya untuk kemudian dilakukan tes ketepatan waktu pada suhu 23 derajat Celcius—suhu ketika kutub magnet Bumi mulai mengacaukan presisi waktu—selama 12 jam.

Kemudian, selama 15 hari ke depan, bagian-bagian jam tangan menjalani tes harian. Setiap hari, komponen jam tangan diukur dan disusun kembali. Pada akhir periode waktu tersebut, jam tangan dinilai berdasarkan tujuh kriteria berbeda: rata-rata tarif harian, variasi rata-rata dalam tarif, variasi tingkat terbesar, perbedaan dalam harga dalam posisi horizontal dan vertikal, variasi tingkat terbesar, dan variasi dalam tingkat tergantung pada temperatur, dan tingkat penjualan ulang (after sales).

COSC tidak hanya mengukur jam tangan mekanik, mereka juga mengukur arloji saku, perangkat waktu tetap seperti instrumen onboard dan jam kereta, dan arloji quartz (kuarsa). Saat ini tidak ada standar internasional untuk pengukuran jam tangan dengan osilator kuarsa, sehingga yang digunakan oleh COSC didasarkan pada standar ISO 3159, yang sama yang digunakan dalam pengukuran jam tangan mekanis mereka.

Semua arloji quartz bersertifikasi COSC harus melewati proses thermocompensation, yang merupakan fitur penting dari penunjukan akurasi tinggi kuarsa (High-Accuracy Quartz). Ini berarti bahwa gerakan dapat menyesuaikan secara otomatis ke frekuensi osilator sesuai dengan kondisi ambient.

Hal itu juga berarti bahwa jam tangan harus benar-benar kedap air untuk menjaga kelembaban. Setiap chronometer kuarsa diuji selama 13 hari dalam satu posisi pada tiga suhu yang berbeda, dan empat tingkat kelembaban yang berbeda.

Penilaian COSC tersebar di tiga laboratorium pengujian terpisah, yang mempekerjakan 60 anggota staf purna waktu dan 70 karyawan tambahan. Ketiga laboratorium tersebut berlokasi di Biel / Bienne, Saint-Imier, dan Le Locle. Seluruh laboratorium harus beroperasi tujuh hari seminggu untuk mengikuti pedoman pengujian konstan yang disebutkan sebelumnya.

Lebih dari 1,6 juta jam tangan disertifikasi setiap tahun, angka yang telah meningkat secara substansial selama beberapa dekade. Pada tahun 1976, ketika iterasi COSC saat ini didirikan, hanya 200.000 jam yang lulus ujian.

Maju cepat ke tahun 2000 dan ada satu juta kronometer yang menyelesaikan ujian. Dari semua jam tangan yang diekspor dari Swiss, hanya 6 persen yang bersertifikat COSC. Dari semua jam tangan Swiss mekanik yang diekspor, 21 persen bersertifikat COSC.

Penulis: Happy Ferdian


Hubungi Kami