13 November 2019 - How-to

8 Jenis Material Jam Tangan yang Sering Digunakan

8 Jenis Material Jam Tangan yang Sering Digunakan

Pada awalnya, gold merupakan material standar yang digunakan untuk membuat sebuah jam tangan. Namun, lama kelamaan semua mengalami perubahan begitu juga dengan material dari jam tangan. Didorong oleh perubahan trend fashion dan juga rasa penasaran para watchmakers untuk bereksperimen dengan berbagai material yang ada.

Material yang biasanya digunakan pada industri, otomotif, medis, dan pesawat terbang seperti stainless steel, ceramic, titanium, carbon fiber, Physical Vapor Deposition (PVD) Diamond-like Carbon (DLC), Gold, dan Rubber, ternyata berhasil diaplikasikan menjadi material jam yang memiliki karakteristik masing-masing.

Dalam membeli sebuah jam tangan, material merupakan salah satu hal utama yang harus Anda perhatikan, karena setiap material memiliki karakteristik yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda membeli jam tangan tersebut. Selain itu, material juga akan berpengaruh besar terhadap estetika dan juga ketahanan jam tangan Anda.

Berikut penjelasan singkat tentang masing-masing material yang umum digunakan pada jam tangan.

Stainless Steel

Longines Stainless Steel

Informasi Produk

Stainless steel terbuat dari perpaduan besi-karbon yang dicampur dengan kromium dan nikel. Material ini merupakan salah satu material yang banyak digunakan pada jam tangan zaman sekarang karena memiliki ketahanan yang baik, ringan, dan memiliki kilauan yang bisa bertahan lama. 

Material stainless steel biasanya hadir dengan dua jenis finishing, polished dan brushed. Polished stainless steel akan menghasilkan jam tangan yang berkilau, biasanya digunakan untuk dress watch. Sementara brushed stainless steel menghasilkan jam tangan yang lebih kasar, biasanya diaplikasikan pada jam tangan outdoor.

Ceramic

Tudor Material Ceramic

Informasi Produk

Terbuat dari zirconium oxide, bahan non-metallic ini dibuat dengan cara dipanaskan lalu didinginkan. Material keramik ini memiliki karakteristik kuat, ringan, tahan akan goresan, dan halus. Jika Anda sedang mencari jam tangan yang nyaman dipakai, kilaunya bertahan lama, dan memiliki tampilan modern, jam tangan ceramic adalah pilihan yang terbaik.

Baca juga : Manfaat Sertifikat COSC untuk Mendongkrak Nilai Jam Tangan

Namun, jam tangan dengan bahan ceramic biasanya memiliki harga yang lebih mahal dari jam tangan dengan beberapa material lainnya, karena bahan ceramic harus dibuat secara khusus dan memiliki bentuk yang unik.

Titanium

Bell & Ross Titanium

Informasi Produk

Banyak digunakan untuk pesawat terbang, kapal laut, dan juga industri otomotif, titanium merupakan material yang sangat baik untuk jam tangan. Memiliki daya tahan dua kali lebih kuat dari stainless steel, material ini terbuat dari campuran besi, aluminium, vanadium, dan molybdenum.

Kelebihan dari material ini selain ringan, kuat, dan anti korosi, jika Anda memiliki alergi terhadap logam, titanium merupakan material yang tepat untuk Anda, karena material ini hypoallergenic.

Carbon fibre

Tag Heuer Carbon fibre

Informasi Produk

Carbon Fibre terdiri dari untaian elemen karbon yang sangat tipis dan dikelilingi oleh resin. Jika Anda sedang mencari jam tangan yang sangat ringan, material ini merupakan pilihan utama. Biasanya material ini digunakan di alat-alat olahraga dan juga mobil-mobil sport mewah. Anda tidak akan terlalu sering menemukan jam bermaterialkan carbon fibre, namun kami menyediakannya untuk Anda.

Physical Vapor Deposition (PVD)

Tissot Physical Vapor Deposition (PVD)

Informasi Produk

Material ini terbuat dari baja dengan lapisan oksida, karbida/nitrida, lalu diendapkan oleh tarikan ionik. Material ini biasanya digunakan sebagai lapisan dari bahan stainless steel. Kelebihan dari PVD adalah, material ini memiliki warna hitam yang sangat maskulin dan semakin lama, material ini akan semakin kuat seiring dengan berjalannya waktu.

Baca juga : Mengenal Komponen dan Anatomi Jam Tangan

Banyak ditemukan di peralatan militer, otomotif, dan instrumen pesawat, material ini sangat cocok jika diaplikasikan untuk sport watch.

Diamond-like Carbon (DLC)

Informasi Produk

Terbuat dari karbon yang dilapisi oleh unsur senyawa yang mirip dengan diamond, material DLC ini sangat keras dan tangguh. Biasanya material ini dipakai untuk mesin motor sport, mobil balap F1, dan mobil Nascar. Cocok digunakan untuk jam tangan ekspedisi yang dipakai untuk bertualang di alam karena akan aman jika harus terkena benturan apapun.

Gold

Corum Gold

Informasi Produk

White gold dan yellow gold merupakan dua jenismaterial gold yang sering digunakan untuk jam tangan. White gold adalah logam asli yang dicampur oleh perak atau palladium. Jika Anda ingin tampil low-key, jenis white gold ini bisa jadi pilihan karena dari jauh akan terlihat seperti material stainless steel. Yellow gold adalah gold 24 karat, jika Anda ingin tampil sedikit flashy dan mencuri perhatian banyak orang, jam tangan dengan material gold ini bisa jadi pilihan.

Rubber

Breitling Rubber

Informasi Produk

Ini merupakan material paling nyaman dan paling sering digunakan untuk strap. Terbuat dari silikon, karbon, hidrogen, dan oksigen, material ini waterproof dan ringan, sangat cocok untuk dive watch. Selain itu material rubber mempunyai keunggulan bisa dibuat dengan berbagai macam warna, yang tidak bisa diaplikasikan pada material lainnya.


Hubungi Kami