12 November 2020 - How-to

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Jam Tangan Chronograph

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Jam Tangan Chronograph

Ada banyak sekali alasan untuk membeli jam tangan chronograph, salah satunya adalah fungsinya yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Selain itu, jam tangan ini merupakan jam tangan yang rumit jika kita melihat ke dalam movement jam tangan mekanis yang memiliki komplikasi chronograph. 

Karena fungsi dan kerumitannya, jika Anda mencari jam tangan chronograph kelas atas, tentunya dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Maka dari itu, sebelum membeli jam tangan chronograph, kami memiliki 4 pertanyaan penting bagi Anda, agar mendapatkan jam tangan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Mekanis atau Kuarsa?

Jika Anda mencari jam tangan dengan sejarah yang menarik serta sistem mekanisme yang canggih dan sudah menjadi warisan tersendiri dari pembuat jam tangan terdahulu, tentu saja jam tangan mekanis menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, jam tangan mekanis juga memiliki sistem yang lebih menarik pada fitur chronograph mereka.

Sedangkan jam tangan chronograph dengan movement kuarsa akan lebih terjangkau dan Anda bisa menikmati beberapa fitur canggih yang sedikit berbeda dari yang ditawarkan oleh jam tangan mekanis.

Apakah ukurannya pas di pergelangan tangan Anda?

Perlu diperhatikan kalau jam tangan chronograph kebanyakan hadir dengan ukuran yang lebih besar, baik itu ketebalan dan kelebarannya. Hal ini disebabkan oleh bagian samping case yang hadir dengan tambahan pusher dan juga movement yang lebih tebal karena harus memasukan mekanis chronograph yang agak rumit.

Jadi ada baiknya jika Anda mencoba langsung jam tangan tersebut sebelum membelinya. Apakah pas di pergelangan tangan Anda dan bisa masuk dengan nyaman ke dalam kemeja lengan panjangan Anda. Tidak direkomendasikan untuk membeli jam tangan chronograph secara online, karena dengan melihat gambar, Anda tidak bisa merasakan dimensi aslinya secara langsung.

Chronograph seperti apa yang Anda inginkan?

Chronograph merupakan salah satu jenis jam tangan yang paling populer dan tentunya memiliki berbagai macam jenis. Jenis chronograph yang paling populer adalah yang mempunyai akar sejarah dari dunia balap dan penerbangan. Itu merupakan salah satu alasan bezel tachymeter sering ditemukan walaupun saat ini sudah tidak ada yang benar-benar menggunakan fungsinya lagi.

Bezel lainnya ada juga yang hadir dengan telemeter untuk mengukur jarak, pulsometer untuk mengukur detak jantung, atau bahkan skala 0-60 yang juga salah satu paling sering dijumpai.

Selain itu, jenis chronograph juga dibedakan dari sistem penggunaan fitur stopwatch-nya. Ada monopusher yang hanya menggunakan satu tombol untuk memberhentikan, memulai, dan mengulang waktu stopwatch. Lalu ada Flyback chronograph yang dirancang khusus sehingga ketika tombol kedua ditekan saat chronograph berjalan, semua counters akan diatur ulang dan segera mulai lagi dari nol.

Jadi, sesuaikan kebutuhan dan selera Anda dengan jenis chronograph yang akan Anda pilih.

Fitur apa yang akan menambah nilai jam tangan chronograph?

Ada beberapa jenis fitur pada jam tangan chronograph yang sangat dinilai lebih oleh para pecinta jam tangan. Contohnya adalah kerumitan dari movement chronograph monopusher. Karena kerumitannya ini, jam tangan chronograph monopusher sangat disukai oleh para pecinta jam tangan yang sangat memperhatikan sistem mekanisme movement.

Lalu, ada juga fitur teknikal pada sebuah movement chronograph yang menggunakan column wheel dan vertical clutch yang sangat dihargai lebih oleh para pecinta jam tangan. Hal ini karena tingkat kesulitan pembuatannya dan akan terasa lebih halus ketika Anda mengoperasikan tombol chronograph.


Hubungi Kami