31 Agustus 2020 - How-to

Cara Menggunakan Chronograph Pada Jam Tangan

Cara Menggunakan Chronograph Pada Jam Tangan

Jam tangan chronograph memiliki tampilan yang menarik dan tampak sangat teknis, dengan beberapa sub-dial, scales, dan pusher yang membuat mengapa jam tangan ini masih sangat populer hingga saat ini. Tetapi Anda tidak boleh melewatkan fungsi stopwatch yang mereka tawarkan.

Meskipun Anda mungkin tidak perlu menghitung kecepatan menggunakan skala tachymeter, chronograph bisa berguna dalam kehidupan sehari-hari dan menawarkan cara yang memuaskan untuk memaksimalkan jam tangan Anda.

Meskipun ada beberapa jenis chronograph yang berbeda, cara kerja dari sebagian besar jam tangan chronograph adalah seperti ini.

Memulai chronograph

Riva Historical Society Frederique Constant

Di sebagian besar jam tangan chronograph memiliki dua pusher di sisi kanan case. Tekan pusher bagian atas yang terletak pada pukul 2 untuk mulai menghitung waktu dan Anda akan melihat jarum penunjuk waktu akan mulai bergerak.

Menghentikan chronograph

 

Gunakan pusher yang sama untuk menghentikan chronograph saat anda ingin mengakhiri hitungan waktu. Tombol ini biasanya dioperasikan dengan jari telunjuk atau tengah dengan jam tangan disangga di sisi lain oleh ibu jari.

Membaca Waktu yang Berlalu

Breitling Premier B01 Chronograph 42 2

Jam tangan chronograph menampilkan waktu yang diukur di stopwatch secara terpisah dari waktu utama. Formatnya dapat berbeda tergantung pada desain dan movement di dalamnya, dengan beberapa hanya menghitung hingga 30 menit sementara yang lain memiliki kemampuan untuk mengukur hingga 12 jam. Detik, menit, dan jam untuk chronograph biasanya dibaca pada subdial yang terpisah.

Misalnya, jam tangan Anda memiliki subdial 30 menit pada pukul 3 dan jarum detik berjalan pada pukul 9. Jika Anda telah mengatur waktu suatu kejadian selama 15 menit dan 20 detik, sub-dial pada pukul 3 akan menunjukkan 15 menit yang telah berlalu, sedangkan jarum penunjuk detik yang dipasang di tengah akan menunjukkan 20 detik yang telah berlalu. Jarum penunjuk detik pada pukul 9 akan terus bergerak, karena ini mengukur waktu utama, bukan waktu di stopwatch.

Setel ulang Chronograph

Tekan pusher bagian bawah yang terletak di sekitar posisi jam 4 untuk menyetel ulang chronograph ke angka nol.

Variasi chronograph yang terkenal termasuk flyback, memungkinkan Anda menyetel ulang chronograph tanpa menghentikannya terlebih dahulu. Chronograph monopusher hanya menggunakan satu tombol untuk semua fungsi. Lalu ada juga jenis chronograph rattrapante yang memungkinkan Anda mengukur dua kejadian terpisah secara bersamaan.


Hubungi Kami