27 April 2021 - How-to

Kristal Safir pada Jam Tangan, Apa Kelebihannya?

Kristal Safir pada Jam Tangan, Apa Kelebihannya?

Saat orang berbelanja jam tangan, jenis kaca jam tangan bisa menimbulkan banyak kebingungan. Salah hal yang paling sering ditanyakan adalah safir, karena bahan ini juga digunakan dalam bantalan jewel di dalam movement jam tangan dan juga digunakan untuk melindungi dial jam tangan pada bagian paling atas.

Kaca jam tangan adalah bagian penting, karena melindungi jarum jam dan dial. Kaca juga merupakan bagian penting untuk membuat jam tangan tahan air karena menjaga air masuk ke dalam dan merusak jam tangan. Kaca jam tangan berkualitas baik juga tahan goresan dan anti pecah.

Dalam hal kaca jam tangan, bahan kristal safir adalah yang teratas. Jika jam tangan memiliki kaca kristal safir, berarti ia memiliki kaca kualitas tertinggi yang tersedia saat ini. Seperti namanya, kaca jam tangan jenis ini terbuat dari bahan safir.

Namun, biasanya terbuat dari safir sintetis, bukan safir asli. Safir tahan gores dan kuat. Kelihatannya bagus dan hampir tidak mungkin tergores, hanya bahan yang sangat keras seperti berlian yang bisa menggoresnya.

Bukankah safir biru? Ya, warnanya biru. Tapi mereka juga bisa berwarna merah, hijau, kuning, atau ungu. Hal ini disebabkan oleh bahan lain di dalam kristal seperti tembaga, kromium, besi atau titanium yang memberikan rona warna. Safir bening dan murni sulit ditemukan. Inilah alasan mengapa safir sintetis lebih umum digunakan.

Bagaimana kristal safir dibuat? Ini awalnya dibuat oleh Auguste Verneuil, seorang ahli kimia Perancis yang membuat lembaran kaca dengan menggunakan bubuk aluminium oksida, memanaskannya, dan meletakkannya di bawah tekanan ekstrem, sehingga terbentuk sebuah kaca pelindung yang kuat.

Kristal tersebut kemudian dipanaskan untuk menghilangkan tekanan internal yang dapat menyebabkan kerusakan. Tahap akhir produksi adalah mengolahnya menjadi lembaran, dan terbentuklah sebuah kaca pelindung yang kuat.

Sampai saat ini, kristal safir merupakan bahan pilihan yang digunakan oleh jam tangan berkualitas tinggi untuk melindungi bagian dial. Selain karena anti gores, kristal safir juga dipilih karena terlihat lebih mewah secara estetika dari bahan lainnya seperti akrilik dan kristal mineral.


Hubungi Kami