19 April 2021 - How-to

Kegunaan Jewel Pada Mesin Jam Tangan

Kegunaan Jewel Pada Mesin Jam Tangan

Jam tangan adalah sebuah perangkat fashion yang menarik karena portabilitasnya yang ekstrem tetapi komponen mekanismenya sangat canggih dan kecil-kecil. Yang lebih menarik adalah kenyataan bahwa semua kecanggihan ini dipasang di dalam case yang sangat kecil.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ada tertulis di beberapa jam tangan yang berisi jewel. Pernah bertanya-tanya apa artinya ini? Mengapa jam tangan memiliki jewel? Apakah kegunaannya?

Penggunaan jewel pada mesin jam tangan merupakan suatu yang simpel namun penting. Jewel atau permata digunakan di dalam mesin jam tangan untuk mencegah atau mengurangi gesekan antara permukaan bagian logam yang bergerak di dalamnya.

Saat logam bergesekan dengan logam tanpa adanya pelumasan, bagian yang bergerak seperti poros dan bantalan pada jam tangan dapat cepat aus, yang dapat menyebabkan jam tangan rusak. Meskipun pada awalnya jewel seperti ruby, zamrud dan safir digunakan, saat ini jewel sintetis telah dikembangkan untuk digunakan pada jam tangan.

Biasanya, sebagian besar jam tangan berisi jewel di titik pivot dan di rangkaian roda gigi. Anda juga dapat melihat permata dalam mekanisme anti guncangan. Perbedaan jumlah permata dari satu jam tangan ke jam tangan lainnya bergantung pada tingkat kerumitan di bagian yang bergerak.

Selain untuk mengurangi keausan bagian yang bergerak, memberikan umur yang lebih lama pada jam tangan dan untuk menciptakan periode yang lebih lama antara servis. Ternyata jewel pada jam tangan juga mempengaruhi tingkat akurasi sebuah jam tangan.

Kita semua suka memiliki jam tangan yang akurat. Beberapa jam tangan paling presisi buatan Swiss dapat memiliki akurasi yang luar biasa dan Anda tidak perlu mengoreksinya selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Salah satu faktor penyebab keakuratan jam tangan adalah jumlah dan kualitas jewel yang digunakan di dalamnya.

Penjelasannya cukup sederhana. Kendala terbesar dalam berfungsinya jam tangan adalah gesekan. Jika lebih banyak gesekan menumpuk di antara bagian-bagian yang bergerak dari jam tangan, maka terjadi perlambatan yang sangat satu menit.

Meskipun penarikan ini hampir tidak terlihat, selama periode waktu tertentu, hal itu bertambah menjadi beberapa detik atau bahkan beberapa menit perbedaan. Gesekan antara bagian yang bergerak dapat sangat dikurangi dengan menambahkan bantalan jewel pada bagian penting, sehingga meningkatkan keakuratan jam tangan Anda.

Jadi, itu dia kegunaan jewel pada sebuah jam tangan, semakin rumit sebuah jam tangan, maka bisa ditandakan dengan semakin banyak jewel yang mereka gunakan pada sebuah mesin jam tangan. Hampir seluruh koleksi jam tangan di INTime dilengkapi jewel pada bagian mesinnya, cari tahu lebih lanjut dengan mengunjungi butik INTime terdekat.


Hubungi Kami