10 Mei 2021 - How-to

Apa Kegunaan dari Chronograph Rattrapante?

Apa Kegunaan dari Chronograph Rattrapante?

Salah satu fitur jam tangan yang umum, terutama pada jam tangan olahraga, adalah chronograph. Saat ini, chronograph sering dikaitkan dengan stopwatch, memungkinkan Anda untuk menghitung waktu, berhenti dan mengulangnya. Ada banyak kegunaan yang berbeda untuk chronograph, termasuk merekam denyut nadi seseorang dan menghitung jarak.

Satu kata yang sering muncul bersama dengan chronograph adalah rattrapante. Apa yang mungkin tidak Anda ketahui adalah apa artinya terkait dengan chronograph Anda.

Apa itu rattrapante? Ini adalah cara lain untuk menyebut split second chronograph, untuk membedakannya dengan flyback chronograph. Ini berarti Anda dapat mengatur waktu dua interval sekaligus. Kata rattrapante adalah kata dalam bahasa Perancis, berasal dari rattraper, yang berarti mengejar atau merebut kembali.

Secara tampilan, split second chronograph hanya sedikit berbeda dari chronograph tunggal. Ciri khas yang terlihat pada chronograph rattrapante adalah dua jarum detik yang ditumpuk satu sama lain.

Saat Anda mengaktifkan chronograph tunggal, jarum akan melacak waktu yang berlalu dengan menambahkan menit. Bagaimana jika Anda ingin menghitung waktu peristiwa lain tetapi tetap melacak waktu yang telah berlalu secara keseluruhan? Di sinilah rattrapante berperan, menghitung peristiwa yang sama yang dimulai pada satu waktu tetapi tidak berakhir bersamaan.

Cara menggunakannya adalah dengan mengaktifkan chronograph secara beriringan. Setelah peristiwa pertama terjadi, Anda akan menggunakan pusher untuk menghentikan satu jarum, sementara jarum lainnya terus melacak keseluruhan waktu. Anda tinggal menekan tombol lagi untuk membuat jarum yang berhenti mengejar jarum yang sedang berjalan.

Sampai jarum dihentikan dan terbagi menjadi dua, mereka berjalan bersama, sehingga diberi nama split-seconds atau rattrapante. Dalam banyak model, kedua jarum dibedakan oleh bentuk atau warna ekor yang berbeda.

Saat ini, Anda akan menemukan semakin banyak merek yang memproduksi chronograph rattrapante. Meskipun mereka mungkin menggunakan nama lain, seperti double chronograph, doppelchronograph, atau split second, semuanya menampilkan jarum chronograph kedua yang sama dan unik.

Jika Anda tertarik untuk memiliki jam tangan berfitur chronograph rattrapante, silahkan kunjungi butik INTime terdekat.


Hubungi Kami