12 Agustus 2018 - News

Jam Tangan dengan Desain Paling Rumit yang Pernah Dibuat

Jam Tangan dengan Desain Paling Rumit yang Pernah Dibuat

Jam tangan bukan hanya sebagai penunjuk waktu saja, salah satu aksesori tangan ini juga menjadi pendongkrak tampilan ke tingkat paling atas (Baca juga: Cara Memilih Jam Tangan Untuk ke Kantor). Bagi sebagian orang, jam tangan juga seakan menjadi sebuah hasil karya seni dan perhiasan mewah. Berbagai model dengan desain menarik seakan menjadi pilihan dan incaran para kolektor. Bahkan ada beberapa jam tangan yang lengkap dengan kerumitan desain serta tersemat emas maupun berlian.

Jam Tangan

Di era sekarang, melihat waktu semudah mengetuk layar handphone. Banyak yang melupakan bahwa komponen pengerjaan mesin jam tangan sangatlah indah dan keindahan sesungguhnya terletak pada desain serta komposisi mekanis rumit yang ada di dalamnya. Bahkan tiap gerakan mekanis yang paling sederhana dapat memilik efek mesmerik dengan ratusan bagiannya.  Berikut beberapa jam tangan rumit yang pernah dibuat di dunia.

Vacheron Constantin Reference 57260

Jam Tangan Vacheron Constantin

Vacheron Constantin  Reference 57260 dijuluki sebagai sebuah jam paling rumit di dunia, jam saku dengan ketebalan 50mm ini menawarkan 57 komplikasi yang terdiri dari lebih dari 2.800 komponen. Banyak hal yang bisa dipamerkan untuk menggambarkan seberapa rumit jam yang diproduksi brand asal Swiss ini.  Seri 57260 ini memang sangat klasik dan mewah, ibarat mobil jam tangan ini seperti Bentley.

Jam paling rumit ini menyuguhkan hingga 57 komplikasi dan lebih dari 2800 komponen yang masing-masing dibuat dengan tangan oleh Master Watchmaker dengan menggunakan teknik tradisional. Tak hanya itu, aksesori mewah ini mengantongi sertifikat Hallmark of Geneva, yang berarti perakitannya dilakukan di Jenewa dan lulus kriteria atas produksi, presisi, dan juga pengerjaannya. Terbuat dari emas putih dengan lebar 98 mm dan tebal 50 mm. Mahkotanya dipahat khusus, sebanyak 242 pertama Caliber dengan 3750 pergerakan dan tebal 36 mm beroperasi pada frekuensi 2.5 Hz.

Jam yang memiliki cadangan daya 60 jami ni memiliki enam fungsi penghitungan waktu yang disediakan serta dilengkapi dengan 7 fungsi kalender abadi dengan standar kalender Gregorian dan mekanismenya secara otomatis menghitung tahun kabisat. Tak hanya itu jam ini juga menyediakan fungsi delapan kalender Ibrani, sembilan fungsi kalender astronomi, satu fungsi kalender bulan, satu fungsi kalender agama khususnya festival Yahudi Yom Kippur, fungsi roda kronografi tiga perempat kolom, tujuh fungsi alarm, delapan fungsi lonceng khas Westminster, dan enam fungsi lainnya. Bagaimana? Rumit sekali bukan?

Breguet No. 160 ‘Marie Antoinette’

Jam Tangan Breguet

Brand asal Prancis yang didirikan oleh Abraham Louis Breguet selalu dikenal sebagai pembuat jam berkualitas tinggi. Breguet selalu menawarkan kompleksitas yang besar pada tiap model jamnya. Jam dengan model klasik selalu melekat pada tiap koleksinya, salah satunya jam tangan yang diduga dibuat atas permintaan Marie Antoinette. Breguet No. 160 ini dibuat pada tahun 1782 sampai 1827. Jam ini bermaterial emas, platinum, safir, dan rubi lengkap dengan kemewahan perpetual calendar, chronograph hingga termometer.

Keindahannya tak hanya sampai di sana, jam kantong ini juga memiliki cadangan daya, repeater menit, dan chime function. Breguet menjadi salah satu kekayaan sejarah  eropa yang mengeluarkan produk jam tangan berbentuk pocket watch. Kabarnya pembuatan jam ini membutuhkan waktu lebih dari 40 tahun dan saat Ratu Prancis, Marie Antoinette ingin memberikannya kepada seseorang, sang penerima jam ini meninggal dunia sebelum menerima hadiah mewah ini.

A. Lange & Söhne Grand Complication

Jam Tangan A Lange and Sonhe

Pembuatan jam tangan A. Lange & Sohne Grand Complication yang memakan waktu satu tahun ini memang setimpal. Dibuat terbatas hanya ada enam di dunia dan dilengkapi 876 komponen serta 67 yang diantaranya terdapat beragam jenis emas. Mulai dari yellow gold, white gold, rose gold, dan platinum melekat pada tiap sudut jam tangan ini. Grand Complication ini berdiameter 500 dengan ketebalan 200 dan dilengkapi dengan kalender abadi yang dapat melacak setiap bulan selama rentang empat tahun. Dibuat pada tahun 2013, ticker jam tangan ini diukir khusus dengan tangan, chronograph-nya pun dilengkapi split-detik terbang dan sonnerie grande serta petite dengan pengulangan menit.

Jaeger-LeCoultre Hybris Mechanica à Grande Sonnerie

Jam Tangan Jeager LeCoultre

Jaeger-LeCoultre adalah merek yang sering diperuntukkan untuk kaum puritan, dan tidak ada yang jauh lebih murni daripada Hybris Mechanica à Grande Sonnerie – puncak dari diantara manufaktur lainnya. Jaeger-LeCoultre akan lebih berkesan seperti RoboCop yang berada di istana kerajaan. Hybris Mechanica Grande Sonnerie ini dilengkapi dengan gerakan manual dan mekanis yang terdiri dari 1.406 bagian. Sesuai namanya, jam tangan ini bisa memainkan salah satu melodi ciptaan Grand Sonnerie, Westminster Chime yang menghasilkan suara Big Ben. Tak hanya itu, jam tangan unik ini juga dilengkapi dengan sebuah komplikasi astronomi, termasuk kalender zodiak dengan fase bulan, tak lupa kalender abadinya.

Chopard L.U.C Tourbillon Baguette

Jam Tangan Chopard

L.U.C Tourbillon Baguette yang diproduksi secara terbatas oleh Chopard dan hanya ada 25 di dunia. Jam tangan limited edition ini tertanam 418 belian baguette dengan 27 karat. Gerakan mekanis berliku yang terdiri dari 550 bagian. Anda pasti akan terkesan dengan cadangan daya baterai selama 110 jam dan alhasil jam tangan ini telah menjadi favoit selebritis dunia.

Anda tak perlu terlalu berpikir rumit megapa jam tangan ini bisa dibuat begitu indah. Mungkin bagi sebagian orang, jam tangan dengan kompleksitasnya memiliki nilai tersediri. Penghargaan atas pembuatan jam yang dibuat menggunakan tangan memang memiliki arti seni yang luar biasa. Siap untuk mengincar salah satu jam paling rumit di dunia?

Teks: Rayi Dwitiya Larasati


Hubungi Kami