8 November 2018 - News

Cara Memilih Jam Tangan Untuk ke Kantor

Cara Memilih Jam Tangan Untuk ke Kantor

Bicara soal gaya penampilan, kantor dengan budaya modern bisa jadi ladang ranjau. Mulai dari cara berpakaian hingga percakapan dingin mengharuskan Anda untuk melangkah hati-hati demi mendaki puncak karier Anda. Namun bagaimana dengan para CEO di dunia teknologi yang mana mereka hanya memakai hoodie dan jeans serta sepatu kets untuk rapat, lalu bagaimana untuk para eksekutif yang harus mengenakan jas ketika ke kantor? Apakah benar dengan cara memilih jam tangan yang tepat dapat membantu penampilan?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ! 🐒 + ⌚ + 📱 ! (@wristi) on

Benar sekali! Cara memilih jam tangan yang tepat akan meningkatkan tampilan seseorang. Selain tas atau sepatu, cara memilih jam tangan mampu memberikan perbedaan yang cukup signifikan atas outfit yang Anda kenakan. Kesan profesional seakan diangkat tinggi oleh keberadaan aksesoris kecil ini, namun cara memilih jam tangan yang tepat juga bisa membuat Anda lebih percaya diri dan meningkatkan status Anda. (baca juga: Cara Memilih Jam Tangan yang Tepat Sesuai Ukuran Pergelangan Tangan)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by .. (@watchfred) on

Tetapi memilih gaya terbaik untuk bekerja bukanlah sesuatu yang perlu dipikirkan—sebenarnya, Anda perlu konsep disiplin dalam cara memilih jam tangan yang pas untuk ke kantor agar tak terlihat berlebihan dan yang paling dihindarkan adalah jangan terlihat kurang profesional!

Berikut cara memilih jam tangan agar terlihat professional, and keep your job.

Know The  Dress Code

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ! 🐒 + ⌚ + 📱 ! (@wristi) on


Kunci untuk mencocokkan jam tangan ialah terletak pada dress code yang harus Anda kenakan ke kantor. Apakah suit adalah satu-satunya pakaian yang bisa Anda pakai? Atau Anda cukup punya ruang gerak yang bebas dalam berpakaian? Lagipula, tidak mungkin jika Anda memakai jas dengan dasi lengkap lalu Anda terlihat memakai jam tangan sporty dengan tali yang terbuat dari karet.

Jika Anda memakai pakaian kerja yang sangat formal, sebaiknya pilih strap yang terbuat dari leather dan steel. Hindari memakai nato strap atau strap yang terbuat dari karet. Sebaiknya Anda juga memilih model klasik agar terlihat semakin professional.

Corporate Office

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Russell Kelly (@rslkly) on

Jas dan dasi sudah tidak bisa lagi dinegosiasikan? Maka Anda harus memastikan pergelangan tangan Anda juga sama formalnya. Anda akan berkesan lebih serius jika terlihat memakai jam tangan klasik dengan steel bracelet atau strap kulit seperti warna hitam, cokelat, atau deep burgundy.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BEXSONN (@bexsonn) on

Hindari memakai jam tangan yang terlalu menghadirkan ‘statement’ gaya. Membuat kesan itu memang penting, tetapi ruang meeting bukanlah tempat untuk para merak memamerkan bulu-bulu indahnya, cukup sisipkan potongan kecil klasik yang begitu effortless.

The Business-Casual Office

 

View this post on Instagram

 

A post shared by hodinkee (@hodinkee) on

Jika kantor Anda bisa sedikit toleran dengan gaya bisnis kasual, Anda bisa memilih desain dan palet warna jam yang lebih progresif. Anda jelas memiliki banyak fleksibilitas dan bisa melakukan eksplorasi dalam suasana bisnis kasual karena Anda bisa memadupadankan kemeja dengan sweater, cardigan, memakai sneakers, atau apapun asal Anda memakai kemeja dan hindari memakai denim.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by James Mortimer (@the_watch_gallery) on

Anda masih bisa memilih jam tangan dengan model nato strap yang terbuat dari kanvas atau kulit. Anda juga bisa memilih rubber strap dengan dial jam berwarna apapun termasuk biru tua, hijau, atau case jam berwarna merah. Tetapi sebaiknya Anda hindari dia yang berwarna orange dan kuning, karena Anda akan terlihat tidak dewasa. Kecuali warna kuning dan orange hanya ada pada benang strap dengan skala warna yang tidak dominan.

The Casual Office

 

View this post on Instagram

 

A post shared by James (@jestacey) on

Untuk kantor startup, industri kreatif dan retail, atau bahkan media pasti sudah terkenal dengan pakaian kasual yang bisa Anda kenakan ke kantor. Tetapi sebenarnya pakaian kasual juga bisa menjadi bumerang bagi Anda. Jika Anda terlihat terlalu santai, maka Anda tak terlihat berwibawa, sebaliknya jika Anda terlalu formal maka Anda akan terlihat berbeda sendiri. Sebaiknya pisahkan pakaian kasual ke kantor dengan pakaian kasual untuk pergi jalan, karena vibe yang tercipta akan ikut berbeda.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by James Mortimer (@the_watch_gallery) on


Untuk pilihan jam tangan kasual, Anda bisa memilih warna dan model apapun tanpa batasan. Asal warna jam tangan Anda harus cocok dengan pakaian yang Anda gunakan. Sebaiknya jangan terlalu banyak warna, ciptakan saja gaya monokrom dengan satu gradasi warna. Misalnya jika baju Anda berwarna olive dan chinos Anda berwarna khaki, Anda bisa memilih jam tangan model army atau bisa juga berwarna cokelat.

Office Rules
Inilah saatnya untuk mulai memikirkan detail yang lebih baik:

Know Your Place

 

View this post on Instagram

 

A post shared by WatchesInRome® (@marlondesimone) on


Terkadang di lingkungan kantor politik, jam tangan dapat menjadi sinyal untuk mendapatkan atau mencapai tingkat tertentu. Terlepas dari kantor Anda bekerja, apa yang Anda berikan di pergelangan tangan Anda seakan memberikan petunjuk apakah ‘kapal itu besar dan besar pula gelombangnya’. Jadi benar-benar pertimbangkan pilihan jam tangan Anda, dial yang besar juga bisa menjadi pilihan Anda karena dial seakan menyampaikan otoritas Anda di kantor secara implisit.

Orang-orang akan memperhatikan jam (hanya karena ukurannya), dan jika mereka tahu banyak tentang jam tangan, secara tidak sadar mereka akan ikut membeli jam yang sama dengan beberapa tingkat kekayaan atau kemewahan tersirat, dan karena itu memakai jam tangan yang tepat merupakan langkah baik untuk mebangun citra di kantor.

Ganti Tali Jam Anda

 

View this post on Instagram

 

A post shared by QueueCumber (@_queuecumber_) on

Apapun jam tangan Anda, pastikan untuk mempunyai beberapa koleksi strap. Hal ini dapat dengan mudah mengubah tampilan dan nuansa jam tangan. Hal ini juga bisa mengubah fungsi jam tangan untuk berbagai kesempatan, misalnya dari hari kerja menjadi akhir pekan. Bukan hanya sepatu dan ikat pinggang saja yang terkoordinasi, tetapi jam tangan Anda juga perlu diperhatikan.

Attention to Details

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Phillips Watches (@phillipswatches) on

Untuk tambahan, perhatikan setiap detail jam. Jam tangan dengan desain mechanical yang terlihat memang begitu mewah. Anda bisa mempertimbangkan untuk memakainya saat perjalanan bisnis atau saat pertemuan tertentu untuk menemani jabat tangan yang sempurna.

Penulis: Rayi Dwitiya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *