26 Juli 2021 - How-to

Ragam Fungsi Fitur pada Dive Watch

Ragam Fungsi Fitur pada Dive Watch

Banyak penggemar jam tangan memiliki setidaknya satu jam tangan selam dalam koleksi mereka yang punya ragam fungsi fitur pada dive watch. Lagi pula, jam tangan selam adalah jam tangan olahraga yang bagus untuk dipakai sehari-hari, baik Anda membawanya ke dalam air atau tidak. Tapi pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri, apa itu jam tangan selam? Meskipun Anda mungkin dapat mengidentifikasinya jika Anda melihatnya, tahukah Anda fitur apa yang diperlukan untuk memenuhi syarat sebagai jam tangan selam?

Organisasi Internasional untuk Standardisasi menerbitkan ISO 6425 tentang standar jam tangan penyelam yang awalnya ditulis pada 1980-an tetapi baru diperbarui pada 2018. Agar sesuai dengan ISO 6452, ISO menetapkan bahwa jam tangan penyelam harus memiliki minimum water-resistance 100 meter, unidirectional bezel untuk menghitung lama penyelaman, dan indeks yang menyala dalam gelap.

Selain itu, ada juga fitur tambahan pada jam tangan selam seperti helium escape dan extended buckle. Mendengar beberapa fitur tersebut, apakah Anda sudah tahu fungsi dari masing-masing fitur tersebut? Pada artikel ini kami akan mencoba untuk membahasnya satu per satu.

Water Resistant

Ragam Fungsi Fitur pada Dive Watch

Ini merupakan salah satu ragam fungsi fitur pada dive watch yang wajib dimiliki. Ketika ISO menyatakan bahwa jam tangan selam harus memiliki water resistant minimum 100 meter, banyak jam tangan selam mewah modern yang melampaui ambang batas ini. Tidak jarang kita menemukan jam tangan selam yang dinilai bisa terjun ke kedalaman 300 meter, 500 meter, 1.000 meter, dan bahkan lebih dalam.

Ragam Fungsi Fitur pada Dive Watch

Informasi Produk

Ketika jam tangan Anda memiliki water resistant dengan minimum 100 meter, Anda sudah bisa menggunakannya untuk menyelam namun tetap perhatikan kedalamannya. Jika Anda ingin menyelam lebih dalam lagi dengan aman, gunakan jam tangan selam dengan tingkat water resistant yang lebih tinggi.

Uni-directional Bezel

Semua jam tangan selam kontemporer dari merek papan atas menawarkan cara untuk melacak waktu Anda ketika menyelam. Biasanya ini dilakukan dengan bezel berputar searah yang berada di atas case jam tangan, ditandai dengan 60 menit. Unidirectional bezel adalah komponen yang penting, jika Anda lupa mengunci bezel, artinya bezel hanya akan melebih-lebihkan waktu menyelam dan tidak mengurangi waktu menyelam yang bisa berbahaya dan menyebabkan Anda kehabisan tabung oksigen.

Informasi Produk

Terkadang, jam tangan selam mewah akan menyertakan bezel dalam tampilan digital daripada bezel luar untuk keamanan yang lebih baik.

Indeks yang menyala dalam gelap

Ketika berada di dalam lautan, pastinya kita harus mengandalkan cahaya lampu yang kita bawa dari daratan. Begitu pula jam tangan selam yang Anda kenakan, harus memiliki indeks yang sudah dilapisi cairan luminescent agar bisa menyala dalam gelap, sehingga Anda tetap bisa mengontrol dan mendapatkan informasi waktu yang jelas. Bayangkan jika indeks jam tangan Anda tidak menyala, akan sangat sulit untuk melihat waktu di dalam lautan yang gelap.

Informasi Produk

 

Helium Escape

Helium escape valve adalah fitur yang terdapat pada beberapa jam tangan selam yang ditujukan untuk penyelaman menggunakan gas pernapasan berbasis helium. Ketika penyelam beroperasi pada kedalaman yang sangat dalam, mereka hidup di bawah tekanan di habitat jenuh dengan atmosfer yang mengandung helium atau hidrogen.

Karena atom helium adalah partikel gas alam terkecil, mereka mampu berdifusi ke dalam jam tangan, melewati segel yang mampu mencegah masuknya molekul yang lebih besar seperti air. Ini tidak menjadi masalah selama jam tangan tetap berada di bawah tekanan eksternal, tetapi saat dekompresi, perbedaan tekanan terbentuk antara gas yang terperangkap di dalam case jam dan lingkungan sekitar. Efek ini dapat menyebabkan kerusakan pada jam tangan, seperti kristal yang terlepas.

Rolex berusaha untuk mencegah masalah ini dengan membuat helium escape pada tahun 1960-an, pertama kali diperkenalkan di Rolex Submariner/Sea-Dweller. Katup satu arah dengan pegas dipasang di case jam tangan yang terbuka saat diferensial antara tekanan internal dan eksternal mencapai cukup untuk mengatasi gaya pegas. Lalu, katup melepaskan gas yang terperangkap di dalam case arloji selama dekompresi, mencegah kerusakan pada jam tangan.

Extended Buckle

Ketika menyelam ke bawah laut, tekanan udara menjadi lebih besar dan akan mempengaruhi banyak hal. Ketika Di dalam air, pakaian selam Anda akan terasa longgar begitu pula strap jam tangan Anda. Maka dari itu, ada fitur extended buckle yang berfungsi untuk menyesuaikan lebar strap dengan pergelangan tangan Anda secara otomatis.

Informasi Produk

Hal ini sangat diperlukan, karena jika tidak, Anda bisa saja kehilangan jam tangan Anda ketika berada di dalam tekanan air laut yang dalam.


Hubungi Kami