21 November 2018 - Product Review

Longines Heritage Skin Diver Bawa Nostalgia Para Pecinta Scuba Tahun 50-an

Longines Heritage Skin Diver Bawa Nostalgia Para Pecinta Scuba Tahun 50-an

Penampilan vintage menjadi salah satu faktor yang membuat jam tangan begitu menarik untuk diperhatikan para penggemar. Dari semua jam tangan baru yang terinspirasi gaya vintage yang diumumkan di Baselworld 2018, salah satu yang paling menarik dan tercantik berasal dari Longines. Longines Heritage Skin Diver yang baru, adalah jam menyelam yang selalu sukses menjadi sorotan selama Baselworld tahun ini. Beberapa tahun lalu, Legend Diver vintage sukses memikat media sosial dan para blogger horologis secara keseluruhan.

Lebih jauh lagi, HydroConquest memiliki kehadiran yang stabil selama lebih dari satu dekade. Sementara Longines Legend Diver secara langsung terinspirasi oleh sederetan jam tangan dari tahun 1960-an, namun Longines Heritage Skin Diver yang baru terlihat mengambil inspirasi desain yang lebih jauh ke masa lalu—hingga akhir 1950-an, tepatnya.

Terinspirasi dari Nautilus, Super Compressor single-crown yang diproduksi pada awal 1950-an, Skin Diver hadir dengan sentuhan modern. Keistimewaan lain dari Longines Heritage Skin Diver adalah crown-nya yang besar. Hal itu mungkin mengacu pada model crown asli dari Nautilus 6921.

Saat ini tidak banyak informasi di luar sana mengenai jam tangan terbaru ini tetapi khusus untuk Anda kami memiliki beberapa detail untuk dibagikan. Seperti yang dapat Anda lihat, desain jam tangan baru ini sangat mirip dengan yang asli perhatikan saja bagian ratcheted bezel, hands, dan angka Arab yang identik dengan leluhurnya. Bahkan Longines berada tepat di bawah jam 12 namun “Automatic” di atas jam 6 tampak dibedakan dari model aslinya.

Fitur terbaru dari Longines Heritage Skin Diver ini adalah ukuran jam dan gerakan di dalamnya. Tidak seperti Nautilus 6921 yang berukuran 34 atau 36 mm yang mungkin akan terlalu kecil untuk selera modern. The Heritage Skin Diver ini berukuran 42 mm sedangkan jam tangan sebelumnya berukuran lebih kecil yakni 40 mm. Case jam tangan ini terbuat dari stainless steel dan sapphire crystal yang memiliki beberapa lapisan lapisan anti-reflektif.

Secara khusus, mekanisme jam tangan antik ini dilengkapi dengan Longines Caliber L888, yang merupakan versi yang cukup banyak dimodifikasi dari ETA 2892. Mekanisme L619 / 888 dipercaya dapat ditemukan dalam berbagai model HydroConquest. Berkat crown yang disekrupkan ke bawah, Skin Diver memiliki ketahanan air hingga 300 meter. Sebagian screw-down crown adalah salah satu fitur yang paling penting untuk jam tangan dan sangat baik untuk dipakai menyelam. Tentu, dengan gasket dan tingkat toleransi yang tepat. Gasket adalah materi atau gabungan dari beberapa materi yang diapit di antara dua sambungan mekanis yang dapat dipisah. Fungsi utama dari gasket adalah untuk mencegah kebocoran selama jangka waktu tertentu.

Tingkat ketukannya telah disesuaikan dari 28.800 bph menjadi 25,200 bph, yang memberikan cadangan daya lebih lama yaitu sebesar 65 jam. Di bagian belakang, Anda akan melihat gambar seorang penyelam dengan tombak dan kata-kata “The Longines Skin Diver Watch.” Bezel yang dapat diputar ke dua arah (bidirectional bezel) sangat mudah diputar berkat crenelations (permukaan seperti gerigi) yang dalam di sepanjang tepiannya. Seperti aslinya, Heritage Skin Diver memiliki bezel warna hitam yang menonjol, tetapi versi modernnya terbuat dari black PVD steel.

Bezel antik Nautilus 6921 terbuat dari delicate bakelite. Tanda pada bezel dipilih dengan pemilihan warna yang berkesan sangat klasik yakni patina faux dan warna itu juga meluas pada dial yang memberikan kontras bagus dengan dial bertekstur hitam. Penerapan lume faux-aged yang sama tebal mengisi jarum jam serta angka yang berfungsi untuk penunjuk waktu ketika Anda berada dalam gelap. Mekanisme movement yang ada di dalam jam tangan antik ini adalah L888. Dari gerakan ini, Skin Diver mengambil tampilan untuk jam, menit, dan detik, dengan cadangan daya mengesankan sebesar 65 jam. Gerakannya berjalan pada tingkat 25.200 vph (atau 3,5 Hz). Jam tangan ini tidak memiliki penunjuk tanggal karena Longines konsisten untuk memunculkan nostalgia yang ada pada Nautilus 6921. Lagipula, jam tangan ini sangatlah vintage untuk di zaman yang modern ini, pasti Anda langsung menjadi trendsetter dan tampil begitu beda ketika memakainya.

The Heritage Skin Diver hadir dengan tiga pilihan tali dan gelang yang berbeda: brown leather strap dengan buckle, stainless steel bracelet dengan triple safety folding clasp, dan tali yang terbuat dari karet berwarna hitam dengan buckle.

Secara keseluruhan, Longines Heritage Skin Diver adalah jam penyelaman kontemporer yang tampak hebat serta mampu bertahan di air lebih dalam. Longines berhasil menggabungkan fitur-fitur modern yang cukup untuk menarik perhatian para kolektor jam. Atau jika Anda adalah penggemar scuba diving, kenapa tidak mencoba jam tangan antik ini?

Penulis: Rayi Dwitiya


Hubungi Kami