12 November 2018 - News

5 Jam Tangan yang Terinspirasi dari Dunia Militer

5 Jam Tangan yang Terinspirasi dari Dunia Militer

Kemewahan pada jam tangan memang suatu hal yang patut diperhitungkan. Namun ada hal yang lebih menarik dari sebuah kemewahan, yaitu jam tangan yang terlahir di medan perang, bukan di ruang meeting! Mari kita sejenak memikirkan sesuatu yang menantang dan tangguh, jam tangan yang terinspirasi dari dunia perang atau militer sudah pasti patut dinilai dengan seni tinggi. Dahulu para tentara memakai jam tangan model saku yang dililit ke pergelangan tangan. Kemudian model tersebut terus berkembang menjadi jam tangan model timepiece. Strategi perang pasti memerlukan ketepatan waktu yang akurat, sehingga para tentara sangat membutuhkan jam tangan saat berada di zona perang. Saat ini mungkin Anda memang hanya pergi ke kantor atau sekadar jalan-jalan, bukan untuk mempertaruhkan hidup dan mati, tetapi apa salahnya untuk mengenang para petangguh melalui jam tangan militer kuat yang tak kalah mewah!

Daya tahan jam dan keakuratan waktu pasti akan selalu menjadi hal penting, dan sangat banyak referensi jam tangan berbau dunia militer yang sesuai dengan kehidupan modern saat ini. Berikut 5 jam tangan yang terinspirasi dari dunia militer.

1. Bell & Ross BR03-92 Military Type 42mm Ceramic

Jam tangan ini mendapatkan inspirasi dari dunia penerbangan yang dirancang khusus dengan fitur kokpit seperti indikator berpendar agar jam tangan terlihat jelas. Dengan estetika mode militer, jam tangan ini tak berkesan kaku dan formal, namun lebih ke sporty, Bell & Ross begitu berhasil mengolah kreativitasnya atas dunia aviasi dan militer.

2. IWC Pilot’s Watch Mark XVIII Top Gun Miramar

IWC Pilot ini merupakan jam tangan militer, yang dirancang bersama sekolah tempur Marine Corps Air Station Miramar di California. Case yang terbuat dari keramik berteknologi tinggi ini dilapisi titanium pada crown dan pushers.

3. Longines Heritage Military

Sebagai bagian dari koleksi Heritage milik Longines, Heritage Military didesain berdasarkan sebuah jam tangan pilot yang disuplai ke British RAF pada Perang Dunia II, dengan sentuhan modern dalam tampilan vintage. Longines memilih untuk mendesain dial yang terlihat sudah lawas dalam nuansa off-white yang memudar dengan light specks dari faux patina pada beberapa titik. Uniknya, Anda tidak akan menemukan desain permukaan dial yang identik pada tiap jam tangan ini.

4. IWC Pilot Chronograph

Terinspirasi dari sosok pilot Antoine de Saint-Exupery yang berakhir di medan perang pada 31 Juli 1944. Pesawat pengintai yang dikemudikan Exupery jatuh di atas Mediteranian. IWC Pilot Chronograph ini dibuat sebagai peringatan ke-70 tahun kematian sang pilot bertajuk “The Last Flight”. Edisi khusus ini terbuat dari titanium, lalu red gold dan platinum untuk bagian case luar.

5. Longines Avigation Type A-7 1935

Sebelum memiringkan kepala Anda, jam tangan chronograph monopusher dengan offset dial ini memang didesain untuk mengingatkan sejarah panjang Longines dalam pembuatan jam tangan aviasi. Jam tangan unik ini menggambarkan sebuah interpretasi desain modern dari tahun 1930-an akan sebuah jam tangan “Type A-7” yang memang dirancang untuk digunakan oleh US Army.

Penulis: Rayi Dwitiya Larasati


Hubungi Kami