24 Mei 2019 - How-to

Fitur Jam Tangan Chronograph Complications yang Harus Anda Ketahui

Fitur Jam Tangan Chronograph Complications yang Harus Anda Ketahui

Sesudah mengetahui tentang complication date, salah satu complication berikutnya yang sangat umum terdapat di jam tangan adalah chronograph. Complication ini adalah penambahan sebuah fitur stopwatch yang dipasangkan pada movement. Mungkin saat ini Anda sudah mengetahui sejarah chronograph yang pernah kami ulas, dan mungkin jam tangan Anda juga mempunyai complication tersebut, tapi tahukah Anda terdapat beberapa variasi chronograph dalam dunia jam tangan? Mari berkenalan dengan beberapa tipe chronograph.

Monopoussoir (One Button Chronograph)

Jam Tangan Bell & Ross Chronograph

Awalnya, semua chronograph adalah “monopoussoirs.” Chronograph dua tombol tidak diperkenalkan sampai tahun 1923 oleh Breitling. Perbedaan antara chronograph satu dan dua tombol adalah bahwa model satu tombol tidak dapat mengukur rentang waktu yang terinterupsi.

Retour-En-Vol (Flyback Chronograph)

Jam Tangan Frederique Constant Chronograph

Flyback chronograph dirancang khusus sehingga ketika tombol kedua ditekan saat chronograph berjalan, semua counters akan diatur ulang dan segera mulai lagi dari nol. Fitur ini awalnya dirancang untuk para pilot yang membutuhkan akurasi sepersekian detik untuk navigasi yang tepat. Flyback adalah pengecualian, bukan aturan.

Rattrapante (Split-seconds Chronograph)

Jam Tangan IWC Chronograph

Berasal dari bahasa Perancis yang artinya “catch up”, chronograph rattrapante mudah diidentifikasi karena mempunyai tiga tombol pusher pada case-nya.  Ia juga memiliki dua jarum detik pada chronograph, satu tepat di atas yang lain.

Tachymeter

Jam Tangan Tag Heuer Chronograph

Ini adalah alat untuk mengukur kecepatan yang biasanya ditemukan pada jam tangan. Biasanya, skala ditempatkan pada bezel luar atau dalam jam dan umumnya hanya ditemukan bersama dengan chronograph.

Tachymeter mengukur satuan per jam, umumnya mil atau kilometer. Agar tachymeter dapat berfungsi, Anda harus bergerak dengan kecepatan dan jarak yang tetap (misalnya 1 mil atau 1 kilometer). Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Tachymeter, Anda bisa membaca di sini*.

Penting untuk diketahui!

Jangan pernah mencoba menggunakan fitur chronograph saat di dalam air. Ada beberapa jam tangan chronograph yang memang dirancang dengan fitur water resistant. Masalahnya adalah saat Anda menekan tombol pusher untuk menjalankan fungsi chronograph saat di dalam air, otomatis membuka celah untuk air masuk ke dalam dan tentu akan merusak jam.


Hubungi Kami