19 Februari 2021 - How-to

Beragam Tipe Dial Pada Jam Tangan

Beragam Tipe Dial Pada Jam Tangan

Jam tangan terdiri dari beberapa bagian, salah satu bagian yang paling penting adalah dial. Bagian ini bisa dibilang sebagai wajah utama dari jam tangan, karena desain, fungsi dan karakteristik sebuah jam tangan berpusat pada dial. Setiap jam tangan, hadir dengan berbagai macam jenis dial dan ada beberapa jenis dial yang saat ini populer di pasaran.

Berikut penjelasan singkat tentang jenis-jenis dial tersebut.

California

Dial California (atau disingkat Cali) pertama muncul pada tahun 1930-an. Ciri khas dial ini memiliki angka Romawi di bagian atas (biasanya dari 10 hingga 2) dan angka Arab di bagian bawah (biasanya dari pukul 4 hingga 8). Pada beberapa dial Cali, posisi jam 3, 6, dan 9 diganti dengan tanda strip dan segitiga terbalik menggantikan angka 12.

Crosshair

Jenis dial ini populer di antara dress watch pada zaman mid-century. Dial crosshair dicirikan oleh garis horizontal dan vertikal yang berpotongan di tengah case. Namun, panjang dan ketebalan garis dapat bervariasi tergantung pada model jam tangan. Beberapa diperpanjang ke tepi dial sementara ada beberapa yang lebih pendek.

Enamel

Dial enamel sangat jarang karena membutuhkan keterampilan ahli untuk membuatnya dan menjadi salah satu bentuk Dial Art. Bahan enamel sebenarnya adalah jenis kaca yang lembut dan terdiri dari silika, timah merah, dan soda. Bahan ini mencair setelah dipanaskan hingga sekitar 1200 derajat Celcius, kemudian dapat berikatan dengan logam lain. Setelah dicampur, dapat menghasilkan warna yang berbeda seperti abu-abu, hijau, dan merah, tergantung pada logam yang telah dicampur.

Skeleton

 

Skeleton dial adalah salah satu jenis dial yang sering dilihat hingga saat ini. Untuk membuat dial skeleton, hanya membutuhkan material transparan seperti mineral glass atau kristal safir. Namun, yang rumit dan spesial pada jam tangan dengan dial skeleton adalah movement yang mereka tampilkan.

Skeleton dial biasanya digunakan pada jam tangan mekanis untuk menunjukkan mekanisme rumit pada bagian movement.


Hubungi Kami