6 November 2018 - Product Review

Bell & Ross BR V2-93 GMT Siap Untuk Menemani Petualangan Anda

Bell & Ross BR V2-93 GMT Siap Untuk Menemani Petualangan Anda

Jam yang dilengkapi zona waktu ganda atau GMT selama beberapa dekade membantu menyelamatkan wisatawan dunia dari kebingungan setelah mengalami jet lag. Cara kerjanya, selain jarum jam utama sebagai penunjuk waktu lokal, terdapat jarum jam lain yang menunjukan waktu berbeda yang akan memberikan Anda waktu lokal di manapun lokasi yang Anda datangi. Salah satu jam tangan GMT yang akan dibahas kali ini adalah Bell & Ross BR V2-93 GMT.

Ada sesuatu yang tak dapat disangkal jika GMT atau zona waktu ganda dapat membantu Anda yang kebingungan setelah mengalami jet lag jika Anda menyukai travelling. Dengan Bell & Ross BR V2-93 GMT yang baru, Bell & Ross menambahkan fitur GMT sederhana yang desainnya terlihat begitu maskulin untuk Anda yang sering business travelling atau hanya sekadar jalan-jalan menikmati hidup yang indah ini!

Dikenal luas dengan case tebal persegi yang didahului oleh BR 01 dan 03, BR V ini juga memiliki desain case tebal tetapi dengan bentuk bulat yang memiliki daya tarik lebih modern daripada BR 123. BR V2-93 GMT terbuat dari stainless steel  dengan diameter 41 mm yang tahan air hingga 100 meter, jam tangan ini sangat sesuai dengan koleksi Vintage Bell & Ross, dengan lugs bulat yang mudah terbentuk sehingga begitu pas di pergelangan tangan dan tak lupa lengkap dengan screw-down crown.

Sapphire crystal cembung pada dial dilengkapi dengan lapisan non-reflective yang dapat menguntungkan Anda jika berada dalam situasi cahaya redup. Bezel steel bidirectional jam tangan ini juga telah mendapatkan finishing satin-polished yang anodised disk-nya terbuat dari alumunium. Bagian disk hitam mewakili jam malam, untuk abu-abu menunjukan waktu siang. Jam tangan tangguh ini hanya tersedia dengan dial berwarna hitam, dengan window date yang terletak pada pukul 4.30. Anda memiliki dua pilihan strap yang terbuat dari rubber dan stainless steel folding clasp.

Dengan menggunakan jarum GMT berwarna oranye terang yang besar, BR V2-93 GMT didukung oleh movement otomatis ETA 2893-2 Swiss (yang disebut juga BR-CAL.303). ETA 2893-2 yang pada dasarnya adalah movement standar GMT saat ini yang hampir mirip dengan gerakan ETA standar 2892 yang menampilkan koreksi cepat pada tanggal. Jam tangan ini juga memiliki frekuensi 28,800 vph 4 Hz dengan cadangan daya sekira 42 jam.

Bell & Ross BR V2-93 GMT menambahkan beberapa fungsi tambahan yaitu dengan model dua arah jam 24-jam GMT-directional yang terdapat pada bezel. Berbeda dengan BR 123 yang mirip secara visual atau BR 3-93 dengan case persegi keduanya juga tetap menggunakan bezel 24-jam, BR V2-93 pada dasarnya dapat menunjukkan tiga zona waktu, dengan yang ketiga sebagai variabel rotasi bezel sederhana.

Beginilah cara sederhana sistem kerja Bell & Ross: Waktu sentral dan menit menampilkan waktu di zona pemakai pada saat ini. Jarum jam GMT berwarna orange, yang berputar di sekitar tombol bersama dengan jarum jam sentral, yang dapat diatur untuk menunjukkan zona waktu kedua pada skala 24-jam pada bezel. Untuk menunjukkan zona waktu yang berbeda, Anda cukup memutar bezel – searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam – sesuai dengan jarum jam oranye. Desain bicolor yang berwarna hitam dan abu-abu pada bezel 24-jam ini adalah yang pertama kali digunakan oleh Bell & Ross.

Kesimpulannya adalah jam tangan ini patut untuk Anda pertimbangkan dengan desain vintage penuh fungsi yang bisa menemani Anda travelling ke manapun, atau sekadar mengecek waktu pasangan Anda yang jauh di sana? Ditambah dengan fitur kedap air hingga 100 meter yang tak perlu Anda khawatirkan jika memakainya di dalam air. Hmmm you can go anywhere with this watches, gentleman!

Penulis: Rayi Dwitiya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *