12 Agustus 2018 - News

Apa Arti Istilah Caliber pada Jam Tangan? Ini Penjelasannya

Istilah ‘caliber’ memiliki beberapa pengertian, namun dalam ranah horologi, arti kata calibre watch tersebut merujuk pada fitur ‘pengatur gerakan’ (movement).

Di seluruh industri pembuatan jam tangan, salah satu jenis caliber yang kerap digunakan adalah calibre watch XYZ123.

Penamaan yang sederhana ini ternyata berbanding terbalik dengan fungsinya, di mana unggul tidak hanya diakui di ranah horologi, melainkan juga di bidang pembuatan senjata api.

Pada senjata api, istilah ‘caliber’ merujuk pada penempatan fungsi rotasi yang disesuaikan dengan diameter peluru. Hal ini dimaksudkan untuk melancarkan dorongan tembakan pada target yang disasar, seketika setelah menarik pelatuk.

Lingkar caliber 50, sebagai conroh, memiliki diameter 0,5 inci, atau sekitar 1,27 cm. Jenis caliber ini biasa digunakan pada senjata api tangan, seperti pistol dan senapan angin.

Menurut sejarah, penggunaan istillah caliber berasal dari kata ‘calibre’ dalam bahasa Prancis. Kata tersebut merupakan serapan dari kata ‘galib’ dalam bahasa Arab, yang bermakna cetakan untuk membuat peluru meriam.

Calibre Watch

Adapun penggunaan istilah caliber pada ranah horologi, dapat dilihat dari catatan Fondation de la Haute Horlogerie, yakni mulai digunakan oleh seorang pembuat jam asal Inggris yang bekerja di Paris, Henry Sully, pada peralihan antara Abad ke-17 dan ke-18.

Sully diketahui pertama kali menggunakan istilah calibre watch untuk mendeskripsikan tata letak dan dimensi dari berbagai pegerakan pilar, roda, barel, dan lain sebagainya.

Seiring berjalannya waktu, istilah calibre watch cenderung bermakna sebagai penanda karakter mekanik klasik, di mana hal itu digunakan untuk menjelaskan bentuk gerak rotasi, jembatan jarum, asal muasal sebuah jam tangan, kisah mengenai pembuatnya, dan lain sebagainya.

Dalam perkembangannya, istilah caliber kemudian  merujuk pada diameter gerak rotasi. Sebagai conroh, arsip manufaktur Jaeger-LeCoultre dari tahun 1877 – ketika masih bernama Manufacture LeCoultre Borgeaud & Ciel –digerakkan oleh caliber 16T, yang berarti kinerjanya didukung oleh gerak turbillon berukuran 16 ligne.

Adapun ligne merupakan satuan ukur yang serupa dengan 2.2558291 millimeter, di mana kini penggunaannya kerap diaplikasikan pada jam tangan mekanik premium. masih kerap digunakan sebagai satuan ukur dalam ranah horologi.

Uniknya, istilah linge juga dianggap serupa dengan satuan ukur pita pada topi di kebudayaan artistik Prancis, yakni setara dengan 1 ½ punce inci.

Teks: Happy Ferdian


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *