12 August 2018 - News

5 Cara Jitu untuk Mulai Mengoleksi Jam Tangan

5 Cara Jitu untuk Mulai Mengoleksi Jam Tangan

Jam tangan kerap dijadikan sebagai hadiah untuk menandai pencapaian seseorang. Beberapa ada yang menjadikannya sebagai hadiah kelulusan, koleksi jam tangan, hadiah ulang tahun pernikahan, hingga penghargaan ketika memasuki usia pension.

Namun saat ini, fungsi jam tangan telah berkembang lebih luas, menjadi sesuatu yang fungsional, fashionable, dan juga mampu menjadi investasi yang bermanfaat bagi penggunanya.

Untuk hal yang terakkhir disebut, beberapa jam tangan bahkan mampu terus meningkat harganya dari tahun ke tahun, seperti Rolex yang dimiliki oleh Time Group misalnya.

Semakin langka sebuah varian jam tangan, ditambah juga berasal dari merek kenamaan dunia, maka akan berpotesi mengerek naik harganya di kemudian hari. Hal ini akan lebih menguntungkan jika berkaitan dengan edisi terbatas, atau setidaknya pernah dikenakan oleh tokoh-tokoh terkemuka.

Bagi yang masih awam terhadap ranah horologi, perlu kehati-hatian serta kejelian dalam membeli jam tangan. Apalagi jika hendak berlanjut pada opsi menjadikannya sebagai koleksi jam tangan – dan juga investasi –maka dibutuhkan keseriusan untuk memahami dan memilah jam tangan dengan cermat.

Koleksi Jam Tangan

Berikut adalah lima cara terbaik untuk mulai membeli jam tangan, dan menjadikannya sebagai aksesori yang bernilai.

1. Perhatikan Persiapan untuk Mulai Koleksi Jam Tangan

Tidak penting apakah Anda hanya membeli sebuah jam tangan atau mulai mengoleksinya, mencari tahu beragam detail terkait adalah hal penting yang harus diperhatikan.

Kunjungi situs resmi dari merek-merek yang Anda minati, atau bisa juga mengecek deretan jam tangan terbaik dari situs milik distributor resmi kenamaan, seperti Time International misalnya.

Pelajari tentang beragam tren, gaya, dan harga secara seksama. Untuk beberapa merek, nilai sebuah varian jam tangan, baik dari segi kualitas maupun harga, dapat menjadi investasi yang menguntungkan di kemudian hari, sehingga cocok dijadikan sebagai investasi.

Namun, tidak masalah juga jika ingin memiliki sebuah jam tangan unik, namun tidak lamngsung terlihat manfaat investasinya.  Karena bagaimanapun juga, terkadang tanpa diduga, jam tangan mampu menjadi sesuatu yang bernilai historis di kemudian hari.

2. Berdesain Kekinian atau Klasik

Tidak selamanya jam tangan berdesain kekinian cocok dikenakan, karena jika berbicara tentang kesesuaian penggunaannya, masing-masing individu memiliki karakter yang berbeda satu sama lain.

Hal pertama yang harus diperhatikan adlaah tentang selera. Pastikan apa yang Anda pilih memang sesuai dengan keinginan, mulai dari desain, pilihan warna, hingga merek.

Jika menyukai desain futuristis yang terkesan unik saat dipakai, merek Baume & Mercier bisa menjadi pilihan terbaik. Namun, jika menginginkan desain klasik yang elegan, deretan jam tangan Rolex bisa menjadi pilihan.

Atau jika menginginkan perpaduan keduanya, klasik dan modern, deretan jam tangan tangguh lansiran label TAG Heuer bisa menjadi opsi yang menyenangkan.

Jangan lupa pula untuk memperhatikan kesesuaian dalam mengenakan jam tangan, yakni dilihat dari pilihan agenda apa saat mengenakannya, atau bisa juga mematutkannya dengan pilihan pakaian.

3. Dikenakan atau Dijadikan Investasi

Sangat dianjurkan untuk selalu mengenakan jam tangan yang dimiliki secara bergantian, bahkan jika Anda sengaja membelinya sebagai investasi sekalipun. Akan terlihat aneh jika seseorang membeli jam tangan terbaik, namun tidak pernah sama sekali mengenakannya.

Kolektor jam tangan  kenamaan dunia, yang juga mantan editor fashion pada harian The New York Times Magazine, Robert Bryan, memiliki ratusan jam tangan klasik yang sengaja ia jadikan sebagai investasi.

Ia tidak pernah melupakan setiap jam tangan koleksinya untuk dikenakan di berbagai kesempatan yang berbeda.

Berdasarkan pengalamannya, koleksi jam tangan akan selalu terlihat dalam kondisi prima jika terus-menerus dipakai bergantian.

Selain itu, untuk beberapa varian jam tangan mekanis, penggunaan secara rutin juga dapat bantu memperpanjang usia pakainya di kemudian hari.

4. Perhatikan Cara Merawat dan Menyimpan

Mayoritas jam tangan modern yang beredar saat ini memiliki daya tenaga yang mampu bertahan antara tiga hingga lima tahun.

Namun, usahakan untuk tidak mengurus seorang diri ketika jam tangan kehabisan daya, atau mengalami kerusakan ringan.

Sebaiknya, segera konsultasikan dengan ahli horologi, baik di pusat penjualan jam tangan, atau secara spesifik di layanan after service pada merek-merek tertentu.

Melalui tangan-tangan ahli, jam tangan tidak hanya diurus dari segi teknisnya, melainkan juga estetika, seperti pada kualitas ketahanan tali serta polesan pada material yang membalut produk horologi.

Sementara itu, saat hendak menyimpan jam tangan, sebaiknya ditempatkan pada kotak aslinya, dan diletakkan di ruang penyimpanan yang kering dan sejuk, seperti laci lemari atau kotak khusus didesai n secara khusus.

Menariknya, jam tangan juga bisa ditempatkan di dalam bekas kotak cerutu, khususnya untuk jam tangan premium yang mengharuskan perawatan ekstra.

Bekas kotak cerutu dinilai memiliki kelembapan dan tingkat suhu yang pas untuk menyimpan produk jam tangan dengan balutan material mahal, seperti logal premium dan bahan kulit asli.

5. Cara Memulai, Memelihara, dan Memperbanyak Koleksi

Observasi adalah satu-satunya kunci utama, di mana diperlukan penelusuran secara seksama ke situs-situs yang berkaitan erat dengan horologi, seperti pada situs label, distributor, dan blog khusus jam tangan.

Jika telah memiliki jam tangan, perhatikan dengan seksama cara penyimpanannya. Jangan lupa untuk memperbarui daya sebelum benar-benar mencapai titik habis, di mana hal ini bermanfaat untuk menjaga kondisi prima, apalagi jika dikenakan dalam intensitas tinggi.

Jangan takut untuk menambah koleksi jika memang Anda menyukainya, dan sanggup untuk membayarnya. Karena bagaimanapun juga, jam tangan yang Anda anggap terbaik di masa lalu, belum tentu mampu terus bertahan dengan status ‘klasik’ di masa kini.

Atau bisa juga menjadikan investasi sebagai alasan untuk menambah koleksi jam tangan, terutama jika berkaitan dengan merek-merek prestisius, yang hampir setiap rilisnya diramalkan menjadi produk  legendaris di kemudian hari.

Dengan mengoleksi varian jam tangan berkualitas, maka sangat mungkin menguntungkan di kemudian hari, di mana harga jualnya bisa merangkak naik dari yang Anda perkirakan.

Apalagi jika jam tangan terkait merupakan edisi terbatas, dan dilansir pada momen speisal, sudah pasti akan menjadi saksi sejarah yang bernilai tinggi.

Teks: Happy Ferdian