5 Jam Tangan Breitling Paling Ikonis Sepanjang Masa

19 Feb 2018 | Breitling

Para penerbang sangat identik dengan chronograph, namun demikian penunjuk waktu dunia dan penyelam juga menjadi bagian penting dari sejarah 130 tahun Breitling. Berikut adalah lima jam tangan Breitling yang paling ikonis sekaligus sebagai penanda milestone dari sebuah brand yang sangat penting dalam dunia watchmaker.

BREITLING CHRONOMAT

Diluncurkan pada tahun 1941, Breitling Chronomat dirancang berdasarkan sebuah paten tentang jam tangan bergaya instrumen dengan sistem circular slide rule. Sejatinya jam tangan ini dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan para ahli matematika dan ilmuwan dalam membantu penghitungan skala, kecepatan, penjumlahan, jarak tempuh dan sejenisnya. Breitling Chronomat juga menjadi base design untuk Navitimer, sebuah chronograph andalan para penerbang hingga saat ini dan merupakan oficial timekeeper dari APOA Pilot Association.

BREITLING NAVITIMER

Salah satu koleksi yang paling ikonis, Breitling Navitimer didesain untuk membantu para pilot dalam menentukan koordinat waktu dan navigasi plus dilengkapi dengan fungsi kalkulasi. Sebuah sistem slide rule built-in memungkinkan para penerbang mengkonversi jarak tempuh, menghitung konsumsi rata-rata pemakaian bahan bakar dan rata-rata ketinggian. Memasuki usia 66 tahun Navitimer sudah melewati banyak perubahan desain, terutama pada bagian case dan caliber.

BREITLING CHRONO-MATIC 

Sebuah revolusi pada jam tangan yang dilakukan oleh Breitling pada tahun 1969 dengan merancang sebuah chronograph pertama yang dikawinkan dengan automatic winding, yang dinamai Chrono-Matic. Yang paling membedakan Chrono-Matic dari chronograph lain adalah pendekatan desain yang menempatkan winding crown pada posisi jam sembilan. Peluncuran resmi jam tanga chronograh otomatis pertama di dunia ini dilakukan serentak di Geneva dan New York pada 3 Maret 1969.

BREITLING EMERGENCY

Sejak tahun 1995 Breitling Emergency menjadi satu-satunya jam tangan yang dilengkapi sebuah integrated emergency beacon. Terdampar di suatu pulau atau daerah terpencil dalam keadaan darurat bukan lagi hal yang paling menakutkan apabila jam tangan ini melingkar di tangan Anda. Sebuah micro-transmitter dalam Breitling Emergency dapat mengirim sinyal darurat kepada pesawat yang terbang pada ketinggian 6.000 meter dan radius hingga 160 kilometer. Dua buah baterai lithium di dalamnya dapat menyalakan transmitter hingga 48 jam.

BREITLING TRANSOCEAN CHRONOGRAPH UNITIME

Jam tangan world-timer yang begitu populer pada saat peluncuran versi terbarunya di 2012 lalu. Meneruskan sukses sejak debutnya pada 1951, Transocean Chronograph Unitime selalu menjadi pilihan para frequent traveller karena kemampuannya mengubah penunjuk waktu sesuai dengan destinasi yang dituju. Sesaat sampai di tujuan, cukup putar indikator nama 24 kota ke arah jam 12, maka jarum jam, display tanggal, dan 24-hour ring otomatis akan berubah menyesuaikan.

(source: google image)




WATCH101: Watches for Ethan Hunt

On the Hunt  The summer always spawns movie blockbusters and box-office hits that earn a place

10 Sep 2015

WATCH101: Terminology to know

IWC Aquatimer Edition Expedition Jacques-Yves Cousteau Watch terminology starts with the most basic: mechanical and quartz

WATCH 101: WHAT TO CONSIDER WHEN SELECTING YOUR WATCHES?

Shape up Consider form watches: the vast majority of the watches sold are round, so any

05 Jan 2015 | Watch 101

Watches Wonderland: Inside Hong Kong

Watches and Wonders 2014 in Hong Kong Watch collectors found their true wonderland in this year’s

Breaking Conventions: Corum Admiral

Breakthroughs are often preceded by breaking conventions, and Corum proves that to break the rules,

Horseplay: For this Valentine

No one does sexy quite like Gucci, and this Valentine’s Day, the sensual Italian brand

14 Feb 2015 | Gucci Watch