12 August 2018 - News

Rekomendasi 5 Skeleton Watch Terbaik dari Time International

Rekomendasi 5 Skeleton Watch Terbaik dari Time International

Skeleton watch atau jam tangan kerangka, merupakan sebutan untuk jam tangan mekanik yang memperlihatkan semua bagian mesin penggeraknya dalam balutan dial transparan.

Jenis skeleton watch ini memangkas hampir semua bagian logam non-esensial, seperti pada penampang, piringan, roda gerak, dan bagian mekanis lainnya, sehingga terlihat sangat tipis dan minimalis.

Mengedepankan fungsionalitas, skeleton watch biasanya hanya dilengkapi dengan sedikit detail pemanis, yang biasanya berkarakter kuat.

Detail pemanis tersebut bisa terletak pada desain kontur, pemilihan material logam utama, atau kombinasi ukir yang membentuk sebuah identitas spesial.

Skeleton Watch

Berikut adalah lima skeleton watch terbaik yang berasal dari merek-merek yang berada di bawah naungan Time International.

1. Audemars Piguet Royal Oak

Karakter sleek yang menjadi ciri khas produk horologi besutan Audemars Piguet, tetap dipertahankan di varian jam tangan skeleton ini. Dominasi material besi tahan karat memberikan nunsa tangguh, namun tetap terkesan elegan dikenakan di berbagai suasana.

Jam tangan berbentuk segi delapan ini memiliki diameter 39 milimeter dan tebal 9.4 milimeter, yang ditutup oleh case belakang berdesain tembus pandang

Tidak ketinggalan bagian tali yang terbuat dari material stainless steel dengan gesper lipat terintegrasi, menjadikan jam tangan skeleton ini tampil timeless, sehingga cocok menjadi investasi baru Anda dalam bergaya.

2. Blancpain 8 Squelette 8 Jours

Seri jam tangan Blancpain Squelette 8 Jours merupakan bagian dari koleksi Villeret, yang menawarkan salah satu gerak paling rumit sekaligus indah di kelasnya.

Putaran manufaktur yang dipamerkan melalui kristal safir, di bagian depan dan belakang, adalah kaliber 1333SQ, yakni kaliber manual yang desainnya memadukan keseimbangan titanium, pegas keseimbangan Breguet, dan tiga barel seri-coupled.

Untuk fitur yang terakhir disebut, berfungsi sebagai daya cadangan yang mampu menyokong kinerja jam tangan hingga delapan hari, atau 8 jour dalam bahasa Perancis.

3. Hublot Classic Fusion Classico Ultra-Thin All Black

Baru-baru ini, Hublotkan mengenalkan anggota baru dalam lini jam tangan skeleton mereka, yakni seri Classic Fusion Classico Ultra-Thin All Black, yang benar-benar tipis dalam tampilannya.

Tebal jam tangan ini tidak lebih dari 8.3 milimeter, dengan diameter sebesar 45 milimeter.

Meski tipis, putaran manual pada jam tangan ini terinspirasi oleh desain Classico, yang menjadi salah satu ciri khas Hublot sejak awal berdiri. Desain tersebut mengadopsi 130 elemen manufaktur, termasuk 23 buah permata yang mengesankan kemewahan abadi.

Karena struktur gerakan yang terbuka, pengguna dapat melihat organ pengatur jam, keseimbangan, dan pelariannya. Lebih dari itu, produk horologi ini berdetak pada frekuensi 21.600 vph (3 Hz) dan menawarkan cadangan daya 90 jam.

4. Piaget Altiplano 38mm Only Watch 2013 Skeleton 1200S

Pertama kali dibuat untuk lelang amal Only Watch 2013, jam tangan ini memecahkan rekor untuk skala ketipisan, sebuah keterampilan yang telah lama menjadi ciri khas Piaget.

Arloji ini berisi Calibre 1200S di bagian case, dengan gerakan kerja otomatis paling tipis di dunia, yakni hanya setebal 2,40 mm.

Dalam karya unik ini, Piaget telah menawarkan segala kaunggulan, baik pada gerakan maupun penutup case dari emas putih 18 karat, yang dihiasi oleh garis lingkar PVD.

Jam tangan, dengan case yang hanya berukuran 5,34 mm, adalah yang paling ramping di dunia , dan dilengkapi dengan gerak skeleton otomatis, yang menjadikannya terkesan lebih modern.

5. Ulysse Nardin Skeleton Manufacture

Skeleton Watch

Skeleton Manufacture merupakan jam pertama Ulysse Nardin dengan gerak skeleton tourbillon, yang dikembangkan secara mandiri di studio desainnya pada 2013.

Gerakan mekanis angin-manual pada jam tangan ini berisi turbillon terbang yang terdiri dari pegas keseimbangan, jangkar dan roda putar yang terbuat dari material silikon.

Di bawah posisi jam 12 adalah roda ratchet, diukir dengan nama merek, dan indikator untuk cadangan daya 170 jam yang mengesankan.

Jam tangan Ulysse Nardin Skeleton Manufacture tersedia dalam dua edisi terbatas,yakni versi gold rose dan platinum, yang masing-masing berjumlah 99 buah saja di seluruh dunia.

Pada versi gold rose, setiap roda kereta pada mesinnya dilapisi oleh rhodium. Sedangkan untuk versi platinum, fitur serupa dilapisi oleh emas kuning 18 karat.

Penulis: Happy Ferdian


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *