12 August 2018 - News

Tak Hanya Untuk Koleksi, Jam Tangan Juga Bisa Diinvestasikan! Cek Caranya

Tak Hanya Untuk Koleksi, Jam Tangan Juga Bisa Diinvestasikan! Cek Caranya

Apakah Anda siap memasuki dunia investasi jam tangan? dengan senang hati kami akan memberikan Anda kiat-kiat terbaik yang perlu diingat ketika ingin investasi pada jam tangan. Investasi bukan hanya pada uang atau properti, Anda juga bisa melakukan hal yang sama dengan jam tangan. Investasi jam tangan masuk dalam kategori investasi barang mewah (luxury goods) dan masih banyak yang belum mengetahui investasi menggiurkan ini.

Investasi Jam Tangan

Jam tangan memiliki peluang besar untuk dijual dengan harga lebih tinggi di masa mendatang dan termasuk dalam investasi jangka panjang. Jika Anda sekadar membeli jam untuk koleksi atau kebutuhan, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan jam tangan ini. Untuk investasi jam tangan, Anda tidak bisa sembarangan membeli jam. Ada beberapa pertimbangan yang harus dipahami. Sebelum menjadi investor jam, sebaiknya Anda perhatikan hal berikut;

Jika waktu adalah uang, investasilah pada jam tangan mewah!

Investasi Jam Tangan Rolex

Mari kita mulai artikel ini dengan mendefinisikan apa itu jam investasi. Jam investasi adalah cara untuk mempertahankan nilai yang terus meingkat dari waktu ke waktu. Rolex Daytona misalnya, ada suatu masa ketika jam tangan ini didiamkan pada lemari Anda, lalu ketika Anda keluarkan dan memakainya kembali, harganya langsung melejit drastis.  Jadi apa yang membuat jam investasi merupakan barang yang bagus? Dan fitur apa yang harus Anda perhatikan ketika mempertimbangkan membeli jam tangan untuk tujuan investasi jam tangan? Kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini secara mendalam. Tapi tetapi perhatikan besar pendapatan Anda, sehingga likuiditas keuangan tidak terganggu.

Investasikan sesuatu yang Anda minati & merek yang paling diminati

Investasi Jam Tangan Tudor

Beberapa orang membeli jam tangan mewah karena suatu alasan, tetapi secara umum membeli jam tangan memiliki arti khusus bagi pemiliknya. Setidaknya Anda akan tetap memiliki jam tangan yang bisa Anda nikmati, bukan hanya untuk investasi. Ketika mencari jam tangan yang bisa mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu, jelas penting untuk melihat ke masa lalu dan mengevaluasi merek yang terus menjadi favorit sepanjang generasi. Sudah sangat terkenal dalam dunia jam tangan bahwa Rolex adalah taruhan yang aman, karena Rolex cenderung mempertahankan nilai dibandingkan merek lain. Anda pasti selalu menemukan seseorang yang ingin membeli jam tangan dari merek ini.

Manufaktur

Investasi Jam Tangan TAG Heuer

Negara asal yang merakit jam tangan Anda bisa menjadi penentu investasi yang baik. Misalnya, brand jepang yang dirakit di Tiongkok tentu harganya akan lebih rendah disbanding perakitan di Jepang. Apa yang dicap pada dial dapat membuat atau bahkan menghancurkan esensi jam tangan, terutama bagi para kolektor. Tag Heuer, Rolex, dan Panerai paling banyak dikenal karena hasil yang selalu tinggi dalam lelang. Breitling, Longines, dan berbagai produsen chronograph lainnya juga telah meningkat. Merek-merek besar memang 99% memiliki nilai yang tinggi, tapi jangan lupakan merek kecil, karena Anda tidak akan tahu apa yang terjadi di masa mendatang.

Carilah model spesifik dengan fitur unik seperti dial spesial

Investasi Jam Tangan Rolex

Kolektor jam tangan memang pemilih, banyak yang menyukai detail spesifik dan sering kali jam tangan yang paling dilirik adalah jam dengan detail tertentu yang membedakannya dari model lain. Inilah yang dapat sangat meningkatkan nilai jam. Jika Anda sudah menyelesaikan pekerjaan rumah Anda, Anda akan tahu bagaimana tempat dan mengambilnya.

Hal yang bisa Anda perhatikan ialah; dial unik atau karakteristik lain, dan koleksi yang terbatas. Salah satu contoh jam tangan dengan dial khusus adalah model “Patrizzi” Rolex Daytona, yang merupakan referensi khusus 16520 Daytonas yang sebenarnya memiliki cacat yang menyebabkan perubahan warna pada subdial.

Jam tangan mekanik adalah investasi terbaik dibanding jam tangan quartz.

Faktanya  dalam dunia horologi, jam tangan mekanis umumnya lebih diminati daripada mereka yang memiliki gerakan kuarsa. Jadi tidak mengherankan bahwa ketika mencari jam tangan untuk investasi, jam tangan mekanik akan membawa keberuntungan pada Anda. Mungkin Anda menemukan beberapa jam tangan kuarsa yang naik harganya dari waktu ke waktu. Selalu ada pengecualian dalam aturan, tetapi perlu Anda ketahui bahwa hal tersebut sangatlah langka. Sebaiknya  Anda harus tetap berpegang teguh pada jam tangan mekanis.

Jam tangan dengan edisi terbatas dapat menghasilkan keuntungan jangka pendek.

Investasi Jam Tangan Panerai

Beberapa jam tangan edisi terbatas dapat mendatangkan keuntungan jangka pendek. Misalnya, model perunggu Panerai yang telah menunjukkan kenaikan harga yang cepat. Memang, hukum penawaran dan permintaan seakan bekerja sama di dunia jam tangan! Tidak selalu mudah untuk mendapatkan model edisi terbatas. Anda harus menjadi antrian pertama dalam daftar tunggu sebelum barang yang Anda incar resmi dijual

Perhitungkan biaya servis

Salah satu faktor sering yang diabaikan adalah biaya penyimpanan jam tangan. Selain biaya perawatan, pemeriksaan dan servis merupakan hal yang wajib. Siapkan biaya untuk perawatan dan pemeliharaan jam tangan Anda, hal ini harus dilakukan untuk menjaga nilai jam tangan yang Anda miliki. Pilihan lainnya adalah menyimpan jam tangan Anda di brankas bank. Biasanya banyak yang tidak ingin menyimpan seluruh koleksi di rumah, paling hanya dua atau tiga. Untuk koleksi yang lebih besar dan sangat berharga, bank merupakan tempat yang aman.

Komunitas

Masuk ke dalam komunitas atau forum yang memiliki kesukaan sama dengan brand favorit Anda. Dengan komunitas, Anda mengerti minat pasar atas jam tangan yang Anda miliki. Anggota forum atau komunitas juga berpeluang untuk menjadi calon pembeli Anda.

Selain menjadi investasi, jam tangan juga bisa menjadi peninggalan berharga untuk anak cucu nanti. Barang yang akan menjadi super klasik ini bisa menjadi sentimental value serta kenangan manis yang bisa Anda turunkan ke orang terkasih. Tak ada aksesori yang lebih versatile dibanding jam tangan. Selain melengkapi tampilan Anda, jam tangan juga bisa membawa aura powerful ketika Anda memakainya. Jadi, apakah Anda tertarik untuk investasi jam tangan?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *