30 Oktober 2018 - News

100 Tahun Hamilton Sebagai Pionir Jam Tangan Aviator

100 Tahun Hamilton Sebagai Pionir Jam Tangan Aviator

Menandai ulang tahun dalam bentuk apa pun adalah sesuatu yang spesial, tetapi ketika merujuk pada eksistensi selama seratus tahun, maka hal itu adalah tonggak sejarah yang patut dirayakan dengan penuh makna. Hal inilah yang mendasari label horologi asal Amerika Serikat (AS) dengan teknologi Swiss, Hamilton, untuk merayakan satu abad kolaborasinya dengan dunia aviasi pada 2018, yakni melalui rilisan terbatas lini Khaki Aviation berjenis jam tangan aviator.

Produksi terbatas Khaki X-Wind Auto Chrono didasarkan pada seri serupa yang pertama kali dirilis pada 2005 silam yang kian mempertegas karakter Hamilton sebagai merek horologi kebanggan dunia aviasi.

Lihat lebih banyak koleksi Hamilton disini.

Jam tangan aviator ini hanya diproduksi sebanyak 1.918 unit, yang jumlahnya merujuk pada tahun awal Hamilton memberikan dukungan resmi pada dunia penerbangan.

Dibangun di atas penampang yang kuat, seri jam tangan aviator berdiameter 45 mm ini menyematkan rotasi hitung drift angle yang familiar, namun dengan penambahan gerak baru yang bersertifikasi COSC, berupa silikon hairspring.

Tidak hanya menjadikan mesin horologi terasa ringan, silikon hairspring juga terkenal karena sifat anti-magnetiknya. Teknologi ini penting bagi pilot, yang menghabiskan banyak waktu kerja di wilayah dengan medan magnet tinggi, seperti bandara misalnya, sehingga kerap mempengaruhi akurasi jam tangan mekanik.

Khaki X-Wind Auto Chrono Bracelet

Dalam perayaan 100 tahun eksistensinya, Hamilton juga hadirkan napak tilas dari reputasi baik pada layanan akurasi waktu yang menyertai perkembangan sistem sinyal jalur kereta di Negeri Paman Sam.

Kemudian, ketika aviasi perintis membuka jalan pada layanan penerbangan reguler antar negara, Hamilton dipanggil untuk menerapkan popularitas keakuratannya di udara, yang kemudian dipercaya sebagai pencatat waktu resmi US Airmail pertama.

Kolaborasi tersebut menyertai ekspedisi hingga ke Hawaii dan Kutub Utara, dan menjadi saksi pelopor layanan pengiriman tanpa henti dari New York di Pantai Timur ke San Fransisco di Pantai Barat.

Sejarah Hamilton

Keandalannya tersebut kemudian menjadi rujukan bagi banyak pilot dan praktisi penerbangan, karena dianggap merepresentasikan keteraturan sekaligus ketepatan waktu.

Menempatkan laboratorium inovasinya di Swiss sejak 2003, merek ini terus bekerja sama dengan komunitas terbang, menjalin hubungan dengan pilot dari berbagai bidang penerbangan dengan tujuan mengembangkan produk baru untuk kokpit.

Meskipun kokpit modern memiliki sedikit hubungan dengan mereka dari tahun 1918, banyak pilot masih menghargai cadangan analog ke instrumen digital mereka dalam keadaan darurat.

Dengan beragam fitur unggulan, mulai dari zona waktu kedua, sudut drift, kecepatan pendaratan, hingga kalkulator kebutuhan bahan bakar, Hamilton adalah label horologi yang membanggakan diri mampu mengawal pelaksanaan tugas tersebut dengan sempurna.

Khaki X-Wind Auto Chrono Leather Strap

Selain itu, Hamilton juga selalu konsisten menghadirkan tampilan klasik di setiap produknya, sehingga cocok dikenakan di berbagai kesempatan.

Secara singkat, varian terbaru seri Khaki X-Wind Auto Chrono menarik inspirasi dari sejarah panjang kolaborasi Hamilton dan ranah aviasi, namun tetap menghadirkan visi kuat tentang masa depan, dan penyematan elemen baru yang inovatif.

Penulis: Happy Ferdian

Produk Terkait

Hamilton Khaki Aviation X-Wind Day Date Auto

Hamilton Khaki Aviation X-Wind Day Date Auto


Hubungi Kami