29 November 2020 - How-to

10 Istilah Rolex yang Perlu Anda Ketahui Artinya

10 Istilah Rolex yang Perlu Anda Ketahui Artinya

Sebagian besar bahasa dalam industri jam tangan bersifat universal, apa pun merek atau jam tangannya. Tetapi Rolex, suka bermain dengan aturannya sendiri, karena mereka telah menemukan nama tersendiri untuk komponen dan material yang mereka buat.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan 10 nama bagian jam tangan pada Rolex paling umum yang harus Anda ketahui.

Cerachrome

Cerachrome

Cerachrome adalah sebutan yang dipatenkan oleh Rolex untuk bezel keramik berkinerja tinggi yang sangat kuat. Cerachrome mengandung dua kata “ceramic” dan “chrome”. “Chrome” merupakan kata Yunani kuno untuk warna. Jika sebelumnya, inlay aluminium berwarna pada bezel dapat memudar seiring waktu, bezel Cerachrom tidak akan mengalami pemudaran warna seperti itu.

Chronergy

Chronergy

Chronergy sedikit lebih teknis, karena nama bagian jam tangan tersebut menggambarkan pengembangan lebih lanjut yang inovatif dari Swiss lever escapement. Sebagai persimpangan antara balance wheel dan gear train, escapement adalah salah satu komponen jam tangan yang paling vital, karena ia secara konstan mengatur transmisi energi yang terkontrol.

Baca juga : Rolex dan Tudor Menunda Perilisan Model Jam Tangan Terbaru Mereka

Ini membuatnya semakin penting untuk memiliki escapement yang tidak terpengaruh oleh magnetisme dan fluktuasi suhu. Rolex telah menemukan solusinya dengan escapement Chronergy, yang pertama kali disajikan pada tahun 2015. Secara praktis tahan terhadap medan magnet dan dengan efisiensi 15% lebih tinggi, ini adalah escapement Rolex generasi terbaru.

Chromalight

Chromalight

Pada model jam tangan yang lebih sporty, baik itu jam tangan pilot atau penyelam, secara alami memiliki banyak bahan bercahaya pada indeks dan jarum, karena ini dulunya adalah satu-satunya cara untuk memastikan keterbacaan yang baik dalam kondisi pencahayaan yang sulit.

Sementara Seiko, misalnya, memiliki LumiBrite dan sebagian besar industri jam tangan mengandalkan Super-LumiNova, Rolex memutuskan untuk memilih Chromalight. Ini adalah bubuk berpendar yang dicampur dengan resin cair dan kemudian dioleskan pada dial, hands dan markers. Chromalight tidak hanya sangat terang, tetapi juga sangat tahan lama.

Cyclops

Cyclops

Ketika produsen lain memiliki sebutan “date magnifier”, Rolex menyebut ini adalah cyclops. Istilah ini mengacu pada lensa kecil yang memperbesar jendela tanggal pada pukul tiga. Legenda mengatakan bahwa setetes air mendarat di kaca jam tangan pendiri Rolex, Hans Wilsdorf, ketika dia sedang mencuci tangannya. Kemudian dia menyadari potensinya yang sangat besar. Pada tahun 1954, kaca pembesar Cyclops pertama kali disajikan pada Rolex Datejust.

Everose

Everose

Everose adalah rose gold 18 karat yang terdiri dari emas, platinum, dan tembaga. Everose bukan hanya suguhan visual, tetapi juga memiliki kekuatan yang baik serta warnanya tidak akan pudar.

Glidelock

Glidelock

Fungsi Glidelock merupakan salah satu penemuan paling berguna untuk penggunaan sehari-hari yang dimiliki Rolex. Glidelock adalah sebuah mekanisme pada clasp yang memungkinkan Anda untuk mengatur (memanjangkan/memendekan) bracelet dengan mudah dengan penambahan atau pengurangan sampai dengan 2 mm.

Baca juga : Rolex Menghadirkan Model Terbaru untuk 2020

Oysterflex

Oysterflex

Ini merupakan salah satu rubber strap dengan kualitas terbaik dan paling tahan lama di pasaran. Strap Oysterflex memiliki inti logam yang terbuat dari paduan titanium/nikel di dalamnya, yang memberikan kestabilan dan elastisitas yang diperlukan pada sebuah strap. Strap Oysterflex yang pertama kali digunakan pada model Yacht-Master 40 di tahun 2015.

Parachrome

Parachrome

Osilator yang terdiri dar balance wheel dan hairspring, adalah mekanisme pengatur laju jam tangan mekanis. Osilator dari Rolex bernama Parachrome, diperkenalkan pada tahun 2005, memiliki karakteristik balance wheel biru dengan kurva ujung Breguet, hasil dari tahap penelitian selama lima tahun, membuahkan hasil yang sangat baik. Osilator ini tahan terhadap medan magnet dan tahan terhadap guncangan fisik jauh lebih baik daripada spring konvensional di jam tangan lainnya.

Rolesor

Rolesor

Istilah ini pada dasarnya digunakan untuk jam tangan jam tangan duotone Rolex yang menggabungkan bahan emas dan stainles steel. Emas dapat berupa emas kuning atau Everose, sedangkan stainless steel selalu menggunakan steel Oyster 904L. Rolex sudah menggunakan nama “Rolesor” sejak tahun 1933.

Rolesium

Rolesium

Ini juga merupakan istilah untuk jam tangan duotone dari Rolex, namun Rolesium merupakan sebutan untuk jam tangan dengan kombinasi bahan platina dan stainless steel. Rolesium pertama kali digunakan pada tahun 1999 di Rolex Yacht-Master Ref. 16622.


Hubungi Kami